Mata kuliah Wawancara mata kuliah wajib di bidang ilmu psikologi yang merupakan mata kuliah kurikulum inti. Mata kuliah Wawancara memiliki bobot 3 sks yang terdiri dari 2 sks perkuliahan di kelas ditambah 1 sks praktikum. Mata kuliah ini diberikan di semester tiga bersamaan dengan mata kuliah Psikodiagnostik I: Observasi. I. Prasyarat mengambil mata kuliah ini ialah telah lulus mata kuliah Pengantar Psikodiagnostik. Mata kuliah ini merupakan salah mata kuliah yang harus diajarkan demi mewujudkan kompetensi dasar lulusan psikologi sesuai dengan profil lulusan Prodi Psikologi UIR yang mengacu pada KKNI sesuai kesepakatan asosiasi.

 

Pada mata kuliah Wawancara, mahasiswa diberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai wawancara mulai dari tahap persiapan wawancara, proses wawancara, dan tahap analisis hasil wawancara. Tahap persiapan wawancara meliputi pembuatan panduan wawancara, membuat pertanyaan, dan persiapan setting wawancara. Tahap proses wawancara meliputi cara melakukan wawancara, merekam wawancara, dan melakukan observasi saat wawancara. Tahap analisis meliputi membuat transkip wawancara (verbatim), dan melakukan pengkodean serta interpretasi hasil wawancara.

 

Demi terwujudnya capaian pembelajaran mahasiswa, maka mata kuliah ini disertai dengan praktikum untuk memberikan keterampilan wawancara mulai dari tahap persiapan, proses pelaksanaan, dan analisis hasil wawancara. Keaktifan berdiskusi di dalam kelas, performansi saat praktikum, kuis, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester merupakan hal-hal yang diperhatikan dalam menilai mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini.